Laman

Sabtu, 25 Februari 2017

Belajar Gitar Melodi (Not Tunggal)

     Hai teman, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara bermain gitar dalam melodi, atau yang biasa dibilang main petik/ bermain do-re-mi nya/ memainkan not angka digitar. Namun sebelum itu kalian harus memiliki gitar supaya belajarnya lebih mudah ya. hehe

   Sebelum bermain pertama-tama kita kenali bagian-bagian gitar. Untuk yang belum tahu, silahkan cek gambar dibawah. Yang terpenting kalian harus tahu yang mana namanya fret dan mana yang namanya senar ya. hehe




    Okeh, jika sudah tau kita masuk ke cara bermain. Untuk bermain gitar secara melodi, kalian harus hapal not tiap senar dan fret yang ditekan dan dipetik. Di sini saya menjelaskan seluruh nada pada "Nada Dasar C" yang artinya C=Do=1. 

Senar 1 atau senar paling bawah adalah nada E atau Mi atau 3 nada tinggi
Senar 2 dihitung dari bawah yaitu nada B atau Si atau 7
Senar 3 dihitung dari bawah yaitu nada G atau Sol atau 5
Senar 4 dihitung dari bawah yaitu nada D atau Re atau 2
Senar 5 dihitung dari bawah yaitu nada A atau La atau 6
Senar 6 atau senar paling atas adalah nada E atau Mi atau 3 nada paling rendah

Nah di bawah saya akan memberi gambar untuk kalian agar lebih memahami



Nah dari foto di atas sudah terdapat keterangan nada-nadanya, namun yang kurang ngerti dengan huruf, yang terbiasa dengan do-re-mi atau angka, tinggal kalian ganti saja.
Untuk senar 2,4,5,6 nada fret ke 5 itu sama saja dengan nada senar dibawahnya. Tetapi untuk senar ke-3 sudah sama pada fret ke-4.

C = Do  = 1
D = Re  = 2
E = Mi  = 3
F = Fa   = 4
G = Sol = 5
A = La  = 6
B = Si   = 7
C' = Do = 1' (yang ada titiknya, nadanyalebih tinggi)

masih kurang paham?


Nah video di atas adalah tangga nada dasar C=Do hingga oktaf ke-2. Pokoknya kalian jika ingin belajar bermain melodi gitar enjoy aja dan banyak bersabar. Karena, penekanan fret lebih ditekan yang bisa membuat jari sakit tetapi kalo kurang ditekan suaranya sangat terdengar fals.

Terima kasih telah berkunjung di Blog saya, semoga bermanfaat.

Bye-bye ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar